Programming Learning

Free IT e-learning

[VPS] Akses VPS di Windows

Apabila anda telah memiliki VPS, mungkin bagi para penggemar linux akan sangat mudah mengakses VPS, dengan linux anda dapat menggunakan alat bawaan dari linux itu sendiri yaitu menggunakan terminalnya sendiri. kita dapat menggunakannya dengan cara sebagai berikut :

ssh root@ipvps

nanti setelah itu ada accepment certificate,anda yes saja dan akan muncul password prompt,setelah anda masukkan password dengan benar maka anda bisa mengakses vps anda.

Nah, apabila anda menggunakan windows ada banyak juga peralatan yang bisa digunakan. diantaranya bisa menggunakan putty,bitvise dan WinSSHD. saya sendiri tidak tahu apakah cmd bisa mengakses ssh atau tidak, dan saya sendiri menggunakan bitvise. Oh iya, bagi yang belum mengeri apa itu VPS, anda bisa menuju ke artikel saya sebelumnya disini.

Bagi yang ingin menggunakan putty, anda bisa mendownloadnya disini, untuk bitvise anda dapat mendownloadnya disini, dan untuk WinSSHD anda dapat mendownloadnya disini.

Disini saya akan memaparkan bagaimana cara menggunakan salah satu tool diatas,saya pilih bitvise (saya tidak menjelaskan putty karena saya anggap tool ini sudah sangat familier/terkenal). langkah awal yaitu anda download aplikasi ini pada link yang telah saya sediakan diatas. lalu hidupkan aplikasi tersebut dan akan muncul sebagai berikut :

Nah sebelum anda melangkah, anda harus memiliki akses ssh terlebih dahulu. apabila anda belum mengerti silahkan menanyakan kepada operator/helpdesk dimana anda menyewa VPS. apabila anda telah memiliki akses SSH, dapat anda lihat anda hanya tinggal memasukkan host,port,user dan password ke dalam input bitvise tersebut lalu menekan tombol login, nah setelah itu akan muncul 2 jendela baru yaitu command prompt dan SFTP sebagai berikut :

Nah sekarang, anda dapat menggunakan consolenya untuk mengakses terminal di vps atau menggunakan sftp untuk media transfer data.selamat mencoba :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

