Programming Learning

Free IT e-learning

[Lomba] Membuat Game Sederhana (Sesuai Contoh) – Level Pemula

Untuk lebih mengasah ilmu dan kemampuan dalam bidang pemrograman, kami mengajak teman-teman untuk mengikuti lomba pemrograman ini. Pada lomba yang pertama ini, kami buat cukup sederhana dan hanya untuk tingkat pemula dulu. Tugasnya adalah membuat permainan (game) Tebak Angka.

SYARAT MENGIKUTI LOMBA

  • Program boleh dibuat dengan bahasa pemrograman apa saja. Namun karena keterbatasan kemampuan juri, mohon untuk menanyakan terlebih dahulu apabila menggunakan bahasa di luar ini : mv c++, pascal/delphi, java, vb .net, c# .net, php, action script, winbatch, linux shell, js. Hal ini dikarenakan bahasa yang tidak dapat kami nilai akan gugur dengan sendirinya.
  • Disertakan juga contoh program jadi (aslinya dibuat dengan MacromediaFlash MX namun telah dikompilasi jadi .exe). Jika calon peserta merasa perlu, silakan diunduh di sini untuk dipelajari lebih lanjut. Program contoh tidak mengandung malware atau trojan apa pun, namun kami menolak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin disebabkan oleh program tersebut.
  • Karena ada program contoh jadi maka dilarang melakukan tindakan dekompilasi terhadap program contoh tersebut. Peserta yang dicurigai melakukan dekompilasi akan dikeluarkan dari lomba (diskualifikasi).
  • Peserta lomba mengirimkan programnya dalam bentuk:
    • Kode program (source code) lengkap, termasuk berkas tambahan yang diperlukan (gambar, teks, library, dsb), jika ada. Adanya kode program ini kami perlukan untuk menilai keabsahan dan keaslian program dari peserta lomba. Kode program yang dicurigai sebagai hasil contekan, baik dari peserta lain atau sumber di internet, akan dikeluarkan dari lomba (diskualifikasi).
    • Berkas executable yang bisa langsung dijalankan. Boleh menyertakan executable untuk OS Windows, Linux, dan Mac. Berkas executable untuk OS Windows bersifat wajib, sedang untuk OS lain bersifat pilihan (opsional) .
    • Berkas tangkapan layar (screenshot) untuk tiap tahapan permainan dalam format .png. Boleh juga menyertakan tautan video demo melalui YouTube, jika ada .
  • Seluruh berkas program peserta di atas dikompresi dalam 1 file lalu diunggah disini dengan nama “kontes_koding_1_yyyymmdd_nama” (tanpa petik) dan didalam zip sertakan “readme.txt” yang berisikan “nama, email, akun twitter, dan bahasa yang digunakan” .
  • Setelah berkas program berhasil diunggah, jangan lupa untuk follow akun twitter@konteskoding dan like laman Facebook /konteskoding. Lalu mention akun twitter@konteskoding dengan tagar #konteskoding sebagai pemberitahuan (notifikasi) bagi kami untuk menindaklanjuti kiriman anda.
  •  Apabila ternyata ada kesalahan teknis dalam pengunggahan berkas melalui web di atas, silahkan unggah berkas program anda ke layanan DropBox (atau layanan lain yg sejenis seperti GoogleDrive, SkyDrive, dsb) kemudian kirim pemberitahuan pada kami melalui surel ke konteskoding@gmail.com atau mention ke twitter @konteskoding dimana kami bisa mengunduh berkas program tersebut.
  • Lomba ini dibuka sejak tanggal 18 Juli 2013.Kiriman peserta lomba kami terima hingga selambat-lambatnya tanggal 28 Juli 2013 pukul 21.00 WIB berdasarkan waktu terima surel.
  • Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 3 Agustus 2013 (jam belum ditentukan) melalui situs ini, laman Facebook /konteskoding, dan twitter@konteskoding. Pemenang lomba akan kami hubungi melalui mention di twitter sesuai alamat pengiriman yang diberikan untuk proses verifikasi dan informasi rekening peserta. Pemenang yang tidak merespon surel kami dalam waktu 1×24 jam dinyatakan gugur.
  • Program peserta menjadi milik publik (public domain) dan kode program para pemenang akan kami buka untuk umum melalui layanan pastebin.com atau yang sejenis agar menjadi sumber pembelajaran bersama
  •  Karena lomba pertama ini untuk tingkat pemula,kami harapkan teman-teman programmer yang sudah jago (master) untuk memberi kesempatan pada teman-teman programmer pemula.

SPESIFIKASI PROGRAM LOMBA

  • Tujuan : 

Program dapat menebak angka yang dipilih oleh pengguna.

  • Persiapan :

Siapkan lima buah tabel, masing-masing bernama Tabel 1, Tabel 2, Tabel 4, Tabel 8, dan Tabel 16, seperti yang akan diberikan pada langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah – langkah :
    • Perlihatkan tabel1 kepada pengguna.Minta pengguna untuk memilih salah satu angka. Contoh: pengguna memilih angka 11

Screen Shot 2013-07-18 at 2.53.19 PM

  • Perlihatkan tabel2 berikut dan tanyakan apakah angka yang telah dipilih tadi ada dalam tabel ini. Pada contoh ini, jawabnya “Ya”, sebab angka 11 muncul pada tabel 2.

Screen Shot 2013-07-18 at 2.53.47 PM

  • Selanjutnya,perlihatkan tabel4 berikut,dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel 4. Pada contoh ini, jawabannya “Tidak”, sebab angka 11 tidak muncul pada tabel 4.

Screen Shot 2013-07-18 at 2.53.55 PM

  • Perlihatkan tabel8 berikut dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel8 ini. Pada contoh ini, jawabnya “Ya”, sebab angka 11 muncul pada tabel 8

Screen Shot 2013-07-18 at 2.54.02 PM

  • Selanjutnya,perlihatkan tabel16 dibawah ini,dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel 16. Pada contoh ini, jawabannya “Tidak”, sebab angka 11 tidak muncul pada tabel 16.

Screen Shot 2013-07-18 at 2.54.09 PM

  • Angka yang dipilih oleh pengguna adalah jumlah dari nama tabel yang memuat angka yang dia pilih. Pada contoh ini adalah Tabel 1, Tabel 2, dan Tabel 8. Jadi angka yang dia pilih adalah 1+2+8 = 11.

KRITERIA PEMENANG LOMBA

  1. Algoritma yang paling efektif dan efisien.Namun kode program yang lebih mudah dibaca akan mempunyai nilai lebih daripada kode program yang sulit dibaca (faktor readability).
  2. Desain tampilan program yang paling bagus namun tetap elegan,tidak berlebihan namun tetap menarik.
  3. Dan tentu saja,kode program dapat dikompilasi menjadi executable.Kompilasi yang menimbulkan peringatan (warning) akan mengurangi penilaian.
  4. Jika kode program peserta yang layak jadi juara ada lebih dari satu maka peserta yang mengirimkannya lebih dulu lebih berhak menjadi juara.
  5. Semua penilaian bersifat mutlak, subyektif, dan tidak dapat diganggu-gugat.

HADIAH BAGI PARA PEMENANG

Kami sediakan hadiah uang tunai untuk 3 pemenang yaitu:

  • Juara I mendapatkan Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)
  • Juara II mendapatkan Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah)
  • Juara III mendapatkan Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah)

Ayo ikuti lomba ini! Sebarluaskan pada teman-teman programmer kalian supaya banyak peserta yang ikut. Jika antusiasme peserta cukup tinggi, kami akan melaksanakan kontes koding ini secara rutin dengan tantangan dan hadiah yang lebih menarik lagi.

* Screenshot game contoh :

Angka Ajaib Scren Shot

Anda dapat mendownload contoh gamenya disini

SELAMAT MENGIKUTI DAN SEMOGA MENJADI JUARA! 

*untuk info lebih lanjut silahkan membuka http://konteskoding.wordpress.com/

About these ads

One response to “[Lomba] Membuat Game Sederhana (Sesuai Contoh) – Level Pemula

  1. YouTube Juli 28, 2013 pukul 8:57 am

    I was suggested this website by way of my cousin. I am not positive whether this submit is written
    by way of him as no one else recognise such detailed approximately my problem.
    You’re amazing! Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: