Programming Learning

Free IT e-learning

[Delphi] Bermain-main dengan Class

Class…mungkin apabila anda mendengar tentang ini akan langsung terbayang suatu susunan OOP, hal itu menurut saya memang benar karena pada dasarnya class adalah pondasi dasar dari suatu Object Oriented dimana merupakan suatu pondasi prosedur dan fungsi-fungsi yang ada. Untuk semua bahasa pemrograman sebenarnya mempunyai konsep dan perlakuan yang sama terhadap class namun yang membedakan adalah susunan / struktur daripada class tersebut. disini saya akan mencoba menerangkan class yang ada pada delphi yang menurut konsepnya adalah sebagai berikut :

type
TNamaClass = Class //pendeklarasian class
protected
private
public
published
end;

untuk pengertian dari masing2 section adalah sebagai berikut :

  • Private

Mendefinisikan data yang hanya dapat dipanggil oleh class internal dan untuk class ini sendiri juga

  • Protected

Mendefinisikan data yang hanya dapat dipanggil oleh class internal dan class anakan (subclass)

  • Public

Mendefinisikan data yang dapat dipanggil class internal dan eksternal dan semua object yang menyertakan class ini

  • Published

Mendefinisikan data yang dapat dipanggil class internal dan eksternal serta data tersebut dapat diinterogasi secara runtime

nah menurut saya kode di atas sangat penting untuk kita ketahui karena kode di atas merupakan dasar terbentuknya class.  tetapi tunggu dulu,bagi temen-temen yang belum mengerti tentang pembuatan prosedur dan fungsi silahkan merujuk ke halaman https://programminglearning.wordpress.com/2009/05/02/belajar-membuat-fungsi-dan-prosedur/ , namun apabila temen-temen telah paham kita akan implementasikan pembentukan class sederhana.supaya dapat efektif digunakan saya akan mengimplementasikannya pada aplikasi visual🙂.

Disini saya akan membuat suatu class yang diberi nama TMobil. TMobil berisi properti yaitu warna,Merk,dan Nama Mobil sehingga nantinya seperti contoh ketika dipanggil salah satu fungsi yang kita buat akan menghasilkan output string sebagai contoh “Ini Mobil Honda Jazz berwarna Merah” . nah untuk itu kita akan membuat project baru lalu tampilan awal unit baru biasanya seperti ini :


unit Unit1;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs;

type
TForm1 = class(TForm)
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

//target lokasi class baru akan dibuat...

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

end.

nah coba cermati kode di atas telah saya tandai lokasi untuk pembuatan class baru, sebelum itu kita akan membuat suatu rancangan form terlebih dahulu (biar semangat desain form dlu ya🙂 ). rancangan formnya adalah sebagai berikut :

ClassForm

ClassForm

nah setelah itu kita akan membuat suatu class TMobil dimana pendeklarasiannya adalah sebagai berikut :

TMobil = class
private
FMerk: string;
FNama: string;
FWarna: string;
procedure SetMerk(const aMerk: string);
procedure SetNama(const aNama: string);
procedure SetWarna(const aWarna: string);
published
property Merk: string read FMerk write SetMerk;
property Nama: string read FNama write SetNama;
property Warna: string read FWarna write SetWarna;
//fungsi yang akan kita panggil
function DeskripsikanMobil: string;
end;

Untuk pendeklarasian procedure yang ada dalam class kita letakkan di bagian impelementation yaitu sebagai berikut :

function TMobil.DeskripsikanMobil: string;
begin
result := 'Ini mobil ' + Merk + ' ' + Nama + ' berwarna ' + Warna;
end;

procedure TMobil.SetMerk(const aMerk: string);
begin
FMerk := aMerk;
end;

procedure TMobil.SetNama(const aNama: string);
begin
FNama := aNama;
end;

procedure TMobil.SetWarna(const aWarna: string);
begin
FWarna := aWarna;
end;

Setelah itu kita deklarasikan sebuah variabel global bernama mbContoh yang bertipe TMobil. untuk tombol simpan kita isikan kode sebagai berikut :

mbContoh := TMobil.Create;
with mbContoh do
begin
Merk  := edMerk.Text;
Nama  := edNama.Text;
Warna := edWarna.Text;
end;
btnTampil.Enabled := True;

ShowMessage('Data berhasil disimpan, selanjutnya klik tombol ">>>" untuk melakukan pengujian data.');

Kode di atas adalah pengisian property daripada Class TMobil yang nilainya berupa string yang diisikan berdasarkan komponen TEdit yang telah ada. sedangkan untuk tombol tampil (Caption: “>>>”), pada event onClick kita isikan sebagai berikut :

edTampil.Text := mbContoh.DeskripsikanMobil;

Berikut ini adalah listing daripada unit utama ini :

{********************************************************************
THIS SOURCE CODE IS DOWNLOADED FROM programminglearning.wordpress.com

Created by Tigor Mangatur Manurung for Education only
cp : einsthonk@gmail.com
*********************************************************************}

unit uMain;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, ExtCtrls, StdCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
edMerk: TEdit;
edNama: TEdit;
edWarna: TEdit;
btnSimpan: TButton;
Panel1: TPanel;
btnTampil: TButton;
edTampil: TEdit;
procedure btnSimpanClick(Sender: TObject);
procedure btnTampilClick(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

TMobil = class
private
FMerk: string;
FNama: string;
FWarna: string;
procedure SetMerk(const aMerk: string);
procedure SetNama(const aNama: string);
procedure SetWarna(const aWarna: string);
published
property Merk: string read FMerk write SetMerk;
property Nama: string read FNama write SetNama;
property Warna: string read FWarna write SetWarna;
//fungsi yang akan kita panggil
function DeskripsikanMobil: string;
end;
var
Form1: TForm1;
mbContoh: TMobil;

implementation

{$R *.dfm}

function TMobil.DeskripsikanMobil: string;
begin
result := 'Ini mobil ' + Merk + ' ' + Nama + ' berwarna ' + Warna;
end;

procedure TMobil.SetMerk(const aMerk: string);
begin
FMerk := aMerk;
end;

procedure TMobil.SetNama(const aNama: string);
begin
FNama := aNama;
end;

procedure TMobil.SetWarna(const aWarna: string);
begin
FWarna := aWarna;
end;

procedure TForm1.btnSimpanClick(Sender: TObject);
begin
mbContoh := TMobil.Create;
with mbContoh do
begin
Merk  := edMerk.Text;
Nama  := edNama.Text;
Warna := edWarna.Text;
end;
btnTampil.Enabled := True;

ShowMessage('Data berhasil disimpan, selanjutnya klik tombol ">>>" untuk melakukan pengujian data.');
end;

procedure TForm1.btnTampilClick(Sender: TObject);
begin
edTampil.Text := mbContoh.DeskripsikanMobil;
end;

end.

Setelah itu kita dapat mencoba menjalankannya, dan apabila anda membuatnya dengan benar mengikuti langkah-langkah sebelumnya maka akan jalan sebagai berikut :

Hasil Form

Apabila anda masih kesulitan memahami, silahkan download project versi Delphi 2009

3 responses to “[Delphi] Bermain-main dengan Class

  1. ponidi Mei 2, 2009 pukul 2:44 am

    mantab gan … lanjuut

  2. Deamzzz Desember 25, 2009 pukul 1:28 pm

    wezzz thanks bro, gw jadi ngerti bikin class…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: