Programming Learning

Free IT e-learning

[VPS] Pengenalan VPS (Virtual Private Server)

VPS, sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama ini. VPS merupakan kepanjangan dari Virtual Private Server. seperti namanya, apabila kita memiliki VPS kita seolah-olah memiliki sebuah server sendiri dimana kita bisa mengelolanya sesuka hati kita, apa bedanya dengan hosting?banyak sekali perbedaannya, dengan VPS kita dapat melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh hosting, contoh : menginstall aplikasi di server. bahkan dengan VPS kita dapat memiliki sebuah penyewaan hosting sendiri. Dengan VPS proses tidak akan mengganggu VPS yang lain sehingga pilihan VPS cocok untuk sebuah website yang memiliki traffic tinggi, contoh : Web file sharing.

Jenis VPS

VPS dibagi menjadi 2 macam, yaitu managed dan unmanaged, perbedaannya hanyalah pada paket yang dibawa pada vps tersebut :

  • Managed

Apabila kita membeli VPS paket ini, kita menerima VPS disertai dengan aplikasi-aplikasi pendukung yang telah terinstall didalamnya, contoh cPanel,WHMCS Billing System,Service Monitoring, dan Managed Service dengan kata lain VPS paket ini adalah siap pakai.

  • UnManaged

Berbeda dengan paket managed, paket unmanaged adalah paket dimana seolah-olah kita membeli suatu VPS dengan tanpa isi apa-apa (OS Kosong), yang biasanya hanya dibekali SSH Akses, 1 IP Address, Akses Full Root.

Bagi para awam yang belum mengerti tentang konfigurasi sebuah server maka saya sarankan untuk memilih paket managed .

Biasanya VPS yang banyak diminati adalah dengan OS (Operating System) Linux, disamping harga yang terjangkau ada issue yang mengatakan bahwa linux lebih aman untuk serangan-serangan hacker. OS lainnya antara lain adalah Windows tetapi tentu saja harga VPS ini akan lebih mahal.

Paket VPS yang ditawarkan dipasaran biasanya menawarkan spek dari VPS tersebut yaitu processor,ram dan bandwith. tentu saja kita harus bijak dalam memilih spek ini sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk apa VPS itu?

seperti yang telah saya jelaskan diawal,vps memiliki banyak fungsi, kita dapat menggunakannya sebagai web server,vpn,dll. saya sendiri menggunakannya sebagai web server, beberapa domain saya letakkan di vps.

Berdasarkan kebutuhan,siapa yang pantas menggunakan VPS?

Hal ini sering ditanyakan oleh teman-teman saya, berdasarkan pengalaman sendiri VPS efektif digunakan bagi yang memiliki usaha didunia maya dengan traffic yang tinggi,kenapa?karena apabila menggunakan hosting biasa,traffic yang tinggi akan menarik perhatian admin hosting untuk memblok hosting anda karena dianggap akan mempengaruhi kinerja hosting-hosting yang lain.

Untuk kebutuhan web server, maka kita membutuhkan cPanel, namun cPanel lumayan biaya sewanya tiap bulan. apabila kita ingin yang gratisan kita dapat menggunakan kloxo,dyndns,dll (saya sendiri menggunakan kloxo). Cara install kloxo sendiri akan saya bahas lain waktu.

Ada banyak penyedia jasa paket VPS yang ada, silahkan search di google atau apabila anda bingung,silahkan pm saya.saya akan memberikan rekomendasi penyedia VPS yang saya pakai dan terbukti mumpuni selama ini.

Demikian artikel saya,semoga bermanfaat bagi teman-teman.

2 responses to “[VPS] Pengenalan VPS (Virtual Private Server)

  1. ceritadewasaindonesia April 30, 2012 pukul 2:42 am

    maaf om menurut anda sitevalley.com bagus gk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: