Programming Learning

Free IT e-learning

[VPS] Upgrade PHP 5.3 di Kloxo

Telah kita dengar bahwa PHP 5.2 dinyatakan mati supportnya, dan para user direkomendasikan untuk segera bermigrasi ke versi terbaru dari php 5.3, hal ini membuat saya khawatir juga mengingat saya juga berkutat di web development sekaligus saya ingin versi yang baru dari php saya. saya mencari-cari tahu bagaimana cara upgrade di vps saya yang kebetulan memakai kloxo, setelah hunting cukup lama sebenarnya saya menemukan script ini :

yum check-update php
yum update php

Setelah saya coba, hal tersebut efektif tetapi ternyata di kloxo repo yang tersedia masih php 5.2 untuk updatenya pada saat artikel ini ditulis. nah setelah itu saya menemukan sebuah artikel (saya lupa alamat persisnya) yang memberikan script sebagai berikut :

yum install php53

Sebelum anda melakukan upgrade php,silahkan melihat versi php anda terlebih dahulu dengan cara :

php -v

nah di vps saya terdapat balasan :

PHP 5.2.17 (cli) (built: Feb 16 2012 23:29:39)
Copyright (c) 1997-2010 The PHP Group
Zend Engine v2.2.0, Copyright (c) 1998-2010 Zend Technologies

nah, setelah itu kita tidak dapat langsung menginstall php 5.3 tetapi kita harus meremove terlebih dahulu php yang sedang kita gunakan, caranya adalah :

yum remove php
yum remove php-common

nah setelah itu kita install php 5.3 sebagai berikut :

yum install php53

Nah, dengan script diatas php 5.3 akan terinstall tetapi kita akan mengalami error ketika kita mengakses file php yang terkoneksi dengan mysql,kenapa?karena ternyata ekstensi untuk mysql sendiri belum terinstall. kita bisa menginstallnya dengan cara :

yum install php53-mysql

Setelah itu restart apache untuk melihat perubahannya dengan cara :

yum httpd restart

nah silahkan anda cek kembali versi php yang sekarang, apabila benar maka akan muncul balasan sebagai berikut :

PHP 5.3.3 (cli) (built: Feb 22 2012 19:37:49)
Copyright (c) 1997-2010 The PHP Group
Zend Engine v2.3.0, Copyright (c) 1998-2010 Zend Technologies

Balasan diatas menandakan bahwa instalasi php 5.3 telah berhasil dengan baik.

Demikian tutorial ini,semoga dapat berguna bagi teman-teman.šŸ™‚

3 responses to “[VPS] Upgrade PHP 5.3 di Kloxo

  1. jurnalskripsitesis Februari 9, 2013 pukul 6:13 pm

    mantab om!…thanks..

  2. Andi Maret 29, 2013 pukul 1:05 pm

    bukankah php53 harus install juga zend guard, loader, xcache dll ya? apa ga berpengaruh kalau hanya install phpnya aja? terimakasih.

  3. rendy Juni 28, 2014 pukul 12:56 pm

    apache nya ga ngebaca pas dah upgrade ke php53 ini setengah mati gimana cara buat cari taunya

Tinggalkan Balasan

